Bagi kalian yang sudah berpengalaman didunia web mungkin sudah tidak asing lagi dengan Cloudflare, tapi bagi pemula mungkin kurang begitu paham apa itu Cloudflare, akan saya jelaskan sekilas apa itu Cludflare.
Cloudflare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Cloudflare berada di antara nama domain dan web hosting yang memiliki kemampuan untuk mem-filter trafik dan mempercapat akses website. Cloudflare menyediakan keamanan tambahan dari serangan DDoS. Cloudflare bekerja layaknya CDN lain dengan cara menyebarkan konten web ke berbagai data center, ketika User meloading konten statis dari web (gambar, js, css, video, dan lainnya) user akan menerima konten dari lokasi terdekat dari CDN, bukan dari server web yang membuat akses web lebih cepat di bandingkan dengan web yang tidak menggunakan CDN.

Kalau sudah paham kali ini saya akan menjelaskan cara menghubungkan Cloudflare ke nameserver domain kita, Berikut langkah-langkahnya:
Pertama menambahkan domain kita kedalam Cloudflare:

Langkah kedua memilih plan yang kita gunakan:

Langkah ketiga masuk kemenu Home dan pilih nama domai yang kita masukkan:

Langkah keempat memasukkan nameserver ke dalam settingan domain kita:

Terakhir priksa kembali pada Cloudflare kita pastikan statusnya sudah aktif, jika belum maka harus menunggu sekitar 30 menit

Gambar diatas menunjukkan statusnya sudah aktif dan domain kita sudah terhubung ke Cloudflare
Sekian konfigurasi kali ini selamat mencoba dan Terimakasih.
Contact Admin: [email protected]

276total visits,4visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *